Mengupas Tuntas Seputar Desain “Kemasan”

Pertama yang kami akan bahas yaitu mengenai pengertian kemasan itu sendiri. Kemasan merupakan wadah atau tempat yang dapat melindungi produk yang berada didalamnya, disamping itu melindungi dari bahaya pencemaran yang dapat membuat produk tersebut menjadi rusak.

Dari segi promosi wadah atau tempat dapat berfungsi sebagai daya tarik konsumen. Karena itu bentuk, warna, dan desain kemasan itu sendiri harus di pikirkan dan dirancang dengan baik.

Selain itu kemasan akan lebih baik jika menggunakan bahan yang dapat di daur ulang agar tidak menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan.

Fungsi kemasan haruslah memenuhi syarat berikut :

  1. Kemampuan daya bungkus yang baik untuk memudahkan penanganan saat akan di distribusikan.
  2. Kemampuan dalam menjaga isinya dari berbagai ancaman seperti kontaminasi organisme ataupun gesekan , benturan, dan getaran.
  3. Mempunyai ukuran yang standar, mudah dibuang dan mudah untuk mudah untuk di bentuk atau dicetak.

Di bawah ini merupakan contoh berbagai Kemasan Permen

Kemasan   Permen Kurang Asam

 Kemasan Permen Yupi

 Kemasan Permen Fox Kaleng                                                               Gambar 4. Kemasan Permen Sugus

Penggolongan Kemasan :

  1. Frekuensi Pemakaian
  • Kemasan Sekali pakai yaitu kemasan yang langsung dibuang setelah 1 kali pakai.

          Seperti : Bungkus permen plastic dan kertas.

  • Kemasan yang dapat dipakai berulang kali ,  Seperti berbagai botol minuman dan botol

          Kecap.

  • Kemasan yang tidak dibuang . wadah – wadah ini biasanya digunakan untuk

Kepentingan lain di rumah setelai selesai dipakai. Seperti kaleng biscuit, kaleng    susu,kaleng permen dll, dapat digunakan kembali dengan memasukkan kopi atupun bumbu – bumbu dapur seperti garam, gula ke dalam kaleng yang sudah dipakai.

  1. Tingkat Kesiapan Pakai
  • Wadah siap pakai yaitu bahan kemas yang siap untuk diisi dengan bentuk yang telah

          Sempurna sejak keluar dari pabrik. Seperti wadah kaleng, wadah botol dsb.

  • Wadah siap dirakit yaitu kemasan yang masih memerlukan tahap perakitan.

          Seperti : Kaleng yang masih dalam bentuk lempengan dan silinder, wadah yang

          Terbuat dari kertas, dan plastik.

Dalam Fungsi Penjualan

Kemasan akan adalah hal yang utama dalam penjualan, seperti halnya kemasan permen, kemasan permen akan di desain dengan mengikuti baik rasa dan bentuk permen itu sendiri, Dengan begitu konsumen tidak akan bingung pada saat akan menbeli dan memilih rasa sesuai keinginannya karena mereka akan mengetahui rasa permen tersebut melalui kemasan misalnya kemasan berwarna merah atau pink konsumen akan tahu bahwa itu adalah rasa strawberry, yang berwarna hijau adalah rasa melon dsb. Pada tahap ini  sebuah kemasan akan menjadi daya pikat bagi para konsumennya sehingga tidak jarang seorang konsumen membeli barangnya dengan hanya melihat dari kemasannya yang indah dan unik.

Sebagai alat penjual kemasan merupakan pengikat terakhir  yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut. Itu sebabnya desain kemasan juga sangat perlu diperhatikan sebagai salah satu strategi berbisnis.     

Diena Rostika, Sintia Wulansari

About smsr bandung

kami komunitas Disain Komunikasi Visual yang beralamatkan di SMKN 14 Bandung

Posted on November 29, 2011, in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: