DKV (Desain Komunikasi Visual) Di Masyarakat

Dengan berkembangnya zaman banyak di antara kita atau masyarakat luas tahu akan apa yang dinamakan komunikasi. Komunikasi sendiri bermacam – macam bentuk nya, bisa berbentuk lisan ataupun tulis. Dalam komunikasi individu terhadap individu atau kelompok dengan individu maupun juga kelompok dengan kelompok ada suatu alat untuk mengkomunikasikan nya, yaitu contohnya juka kita ingin menghubungi seseorang teman yang jauh berada di pelosok kota Indonesia maupun luar negeri, dibutuhkan alat komunikasi yaitu Telepon Seluler atau biasa di kemukakan Handpone atau lebih dikenal secara formal yaitu telepon genggam.
Begitu juga dengan topik yang akan kita bahas kali ini, yaitu tentang kebutuhan masyarakat terhadap DKV atau Desain Komunikasi Visual. Mula – mula kita kupas terlebih dahulu, kata Desain bisa di artikan sebagai Rancangan, lalu katak Komunikasi seperti yang di bahas di atas yaitu hubungan dan terakhir Visual sendiri di artikan secara umum yaitu Menggambarkan. Jadi dapat di ambil kesimpulannya Desain Komunikasi Visual adalah Rancangan yang dapat di komunikasikan dalam bentuk visual atau gambaran.
Banyak dibicarakan masyarakat luas dan umum, Desain Komunikasi Visual memang tak luput dari kebiasaan sehari – hari dan berada di mana – mana bahkan mungkin tanpa kita tidak sadari keberadaannya. DKV dapat diterapkan pada kegiatan manusia sehari – hari, misalnya seseorang yang mengendarai kendaraan bermotor akan selalu di hadapkan dan di pandu oleh simbol – syibol dan keterangan yang ditujukan adalah untuk arah jalan saat kita mengendarai kendaraan bermotor. Dapat disimpulkan bersama bahwa DKV juga berguna untuk kepentingan umum di jalan – jalan agar dapat memandu masyarakat. Contohnya rambu – rambu lalu lintas dan simbol – simbol lainnya.
Masyarakat luas juga mengguanakan DKV di kehidupan nya masing – masing, DKV dapat juga di jadikan sebagai media promosi, presentasi, pengumuman dan lainnya. Kegunaan DKV sangatlah tak terhitung banyaknya, tanpa di sadari banyak masyarakat yang selalu membutuhkan DKV. DKV dapat di pakai sesuai dengan keinginan dan keadaan seseorang itu sendiri. Bahkan banyak sekali manfaat yang di capai terhadap kebutuhan masyarakat terhadap DKV. Jika DKV terus di hidupkan dan di kembangkan secara positif ke depannya, DKV akan menjadi skala prioritas masyarakat luas untuk kehidupan sehari – harinya.
Generasi – generasi muda lah yang harus melestarikan budaya DKV yang positif dan bertanggung jawab, seperti salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Cijawura Hilir yaitu SMKN 14 Bandung. Di tempat inilah munculnya bibit – bibit dan penerus budaya DKV yang akan menginformasikan kepada masyarakat luas tentang hal – hal mengenai DKV.

Artikel Oleh : Syifa Amila Istiqamah Kelas XII DKV 2

About smsr bandung

kami komunitas Disain Komunikasi Visual yang beralamatkan di SMKN 14 Bandung

Posted on December 2, 2011, in Artikel and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: