KEBUTUHAN MASYARAKAT TERHADAP DKV

Dalam Artiannya Desain Komunikasi Visual (selanjutnya disingkat DKV) adalah suatu kegiatan menciptakan, merancang, dan mengubah suatu ide menjadi karya seni yang memiliki makna dan nilai (Desain), namun memiliki fungsi  tersendiri yang mampu menginformasikan suatu pendapat, makna, atau fikiran kepada orang lain (Komunikasi), dan dalam bentuk yang mampu dimengerti oleh orang-orang yang melihatnya (Visual). DKV memberikan kemudahan dalam mengenali sesuatu, sebutlah produk barang dan jasa, baik bagi produsen maupun konsumennya, karena dalam maksudnya sendiri DKV/ Desain Grafis berfungsi untuk meningkatkan, menciptakan suatu nilai yang lebih tinggi dari produk tersebut sehingga mudah diterima di masyarakat.
Pelaku Disain grafis atau desain komunikasi visual yang aktif bergerak terus berkembang sesuai perkembangan waktu. ketika kita lahir di dunia kita akan bertemu dengan dunia disain ,dengan itu disain menjadi sesuatu yang ganjil bila keadaanya menghilang di muka bumi. Oleh karena itu saat kita masih  berada di dunia ,kita akan terus berkembang dengan perkembangan disain yang akan menjadi trend pada saat itu . Disain terus berkembang dengan cepat dan besar akan terus membutuhkan banyak sekali pemenuh kebutuhan disain. Oleh karena itu disainer harus banyak,dan terus berinovasi menciptakan ide-ide yang diluar dugaan orang lain sehingga disain akan terus berguna untuk memperindah ,menyeimbangkan/menyelaraskan,menyatukan ,dan mengubah suatu benda yang didisain menjadi disukai. Bila tidak ada unsur disain maka seluruh benda yang kita lihat akan bersifat monoton dan tidak berfariasi.Tuhan adalah maha mencipta, sesuai sifat yang  tuhan berikan pada kita, manusia menyukai keindahan.
Keefektifan desain grafis memberikan kemudahan kepada semua orang untuk menerima suatu produk/ jasa/ sekedar image (pandangan), pengambilan pandangan sering dibarengi oleh emosi dimana hal itu dipengaruhi langsung oleh faktor pendukung  dari segala aspek disain seperti komposisi ,irama D.L.L.konsep yang di  buat akan berfokus  pada suatu tujuan  yang mudah di mengerti ,mudah diingat ,dan mudah di buat.  Sebagai Desainer haruslah memperhatikan konsep-konsep yang ada pada DKV, baik dalam bentuk Advertising seperti Baligho, leaflet, brosur, billboard  maupun dalam bentuk hiburan seperti komik, film, animasi, ataupun produk-produk lainnya seperti T-Shirt, Jaket, Stiker, Poster, Kemasan produk, dsb.
Kegunaan DKV terbagi dari beberapa bagian, antara lain:
1.    Sebagai Sarana Pengidentitas
Disini dimaksudkan DKV sebagai sarana identifikasi. Produk atau suatu jasa jika itu mempunyai identitas maka akan mencerminkan kualitas produk atau jasa tersebut, sehingga masyarakat tertarik untuk menggunakannya. Identitas visual pastilah akan menarik minat masyarakat yang membutuhkannya.
2.    Sebagai Sarana Informasi dan petunjuk
DKV sebagai sarana informasi dan petunjuk bertujuan untuk menghubungkan antara suatu hal dengan hal yang lain dalam petunjuk , arah, posisi, peta ,dll. Apabila informasi digunakan kepada orang yang tepat, dalam bentuk yang tepat, dan dapat dengan mudah dimengerti secara logis dan konsisten  akan menjadi sangat berguna, bagi banyak masyarakat bahkan secara universal, seperti halnya simbol-simbol lalu lintas.
3.    Sebagai Sarana Presentasi dan Promosi
DKV Sebagai sarana presentasi dan promosi adalah untuk menyampaikan pesan, membuat pesan yang dapat diingat dan dimengerti melalui hal-hal yang mengvisualisasikan tujuan tertentu dalam bentuk gambar maupun simbolis. Dalam sarana presentasi dan promosi, bentuk visualnya haruslah menarik dan akhirnya dapat menjual sebuah jasa maupun barang yang dipresentasikan kepada khalayak.

Mengapa manusia membutuhkan disain ? karena manusia terlahir dikelilingi oleh berbagai macam dan bentuk benda di sekitarnya yang belum tentu sesuai dengan keinginan manusua tersebut,oleh karena itu di butuhkan disain untuk menyesuaikan seiring perkembangan budaya,gaya hidup, dan jaman agar manusia tidak jenuh untuk menggunakan benda yang dibutuhkanya.
Dalam tema berita minggu ini kami selaku pihak produksi akan menjelaskan dan memaparkan fungsi, teknik pembuatan, dan beberapa informasi mengenai produk-produk DKV yang umum digunakan masyarakat.

Tim Redaksi : Riki Bagja  S, Syaiful Hammam, Syifa A, Yulianda W, Tsara N, Azmi K

About smsr bandung

kami komunitas Disain Komunikasi Visual yang beralamatkan di SMKN 14 Bandung

Posted on December 3, 2011, in EDITORIAL. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: