TUTORIAL CARA MEMBUAT SKETSA,INKING,DAN COLOURING SKETSA

Dalam membuat sebuah gambar ada 3 tahap yang harus di lakukan,yaitu membuat sketsa,inking,dan mengcolouring,saya akan menjelaskan cara membuat sketsa pada gambar. Sketsa adalah sebuah gambar atau rangka awal yang dibuat sebelum melakukan inking dan colouring,pembuatan sketsa dimulai dengan membuat sebuah rangka atau lay out,lay out ini dibuat sebagai acuan untuk gambar yang akan di buat,setelah membuat sebuah lay out gambar,maka gambar itu di gambar kembali,atau bisa juga di trash ulang,di jiplak di meja mounting,untuk menebalkan dan memperjelas sketsa sebuah gambar. Contoh gambar sebuah lay out

Dalam membuat sketsa,penentuan cahaya juga ditentukan oleh penciler atau pembuat sketsa,penentuan cahaya di perlihatkan dengan membuat sebuah arsir,arsir adalah sebuah terang gelap pada sebuah gambar.terang gelap tidak hanya menentukan sebuah arsir yang tidak beraturan,tetapi penentuan cahaya juga ditentukan secara spesifik.

Bagian arsir Contoh gambar terang gelap (arsir). Arsir juga banyak macamnya ada arsir garis,arsir blok,arsir dot,dsb.tetapi arsir itu dalam membuat sketsa tidak terlalu ditekankan mau menggunakan blok atau garis. Pembuat sketsa dinamakan penciler,penciler adalah pencipta sebuah karakter gambar,pembuat sebuah rangka atau lay out sebuah komik,dan penuang imajinasi. Triandi Shobir XII (DKV 2).

About smsr bandung

kami komunitas Disain Komunikasi Visual yang beralamatkan di SMKN 14 Bandung

Posted on December 3, 2011, in Edisi 1. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. SAYA MAU NANYA NIH :
    KALO MENGGAMBAR SUATU BIDANG DENGAN PERMULAAN SKETSA.
    APAKAH CARA SEPERTI ITU AKAN BERPENGARUH PADA GAMBAR ATAU TIDAK?

    BALAS

  2. sebenarnya sketsa dibuat untuk mempermudah kita dalam menciptakan suatu karya, karna dengan menggunakan sketsa terlebih dahulu mampu memberi bayangan kasar tentang gambar/ karya apa yg akan kita buat secara garis besarnya.

    Bila ditanya berpengaruh atau tidak, tentu saja berpengaruh, sketsa memberi gambaran yang lebih proporsional dan luas, jga mudah dihapus bila salah, namun pada akhirnya sketsa tersebut akan dipertebal pda bagian-bagian yg utamanya dengan menggunakan inking tools maupun pensil yg lebih tebal.

    terima kasih🙂
    ~admin~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: