WAWANCARA KEPADA

BPK. DEDEN GUSTIAR
Seorang seniman dan desainer  yang Lahir pada tanggal 16 oktober 1961, saat ini telah berkeluarga dan bekerja sebagai seorang guru sekaligus pematung. Beliau memulai sejarah kariernya sejak tahun 1990 setelah masa pengabdiannya di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung, pada saat itu beliau magang sebagai seorang pematung dengan proyek pertamanya membuat patung orang indian yakni “Dikusimaltek”.
Pada tahun 1991 beliau pergi ke kota Tasik untuk membuat monumen “Parasamya Purwakarya Nugraha”, untuk penghargaan para pemuda di kota tersebut.
Tahun 1992 beliau beralih ke kota Garut untuk membuat patung dari  5 tokoh dari tokoh agama, pabrik, masyarakat, dll.  Setelah itu beliau kembali sebagai pegawai dalam pembuatan lorong angin untuk UMS di Malaysia, selain itu beliau juga membuat mainan anak sebagai pesanan dari negara Korea. Tidak habis pekerjaannya sebatas itu saja, iapun melakukan riset pengembangan Masyarakat Subang dan potensi dari daerah tersebut yakni serat dari buah nanas untuk dibuat patung. Serat nanas tersebut dicampur dengan bahan resin, lain lagi di kota Semarang dengan potensi daerahnya yaitu serat eceng gondok, berlanjut ke Garut untuk meriset potensi daerah tersebut yaitu serat tumbuhan Haramai.
Beliau melanjutkan perjalanannya untuk berkarya ke Kampung Keramik, lalu berpindah ke Purwakarta dan dilanjutkan ke Kebumen membuat patung dari tokoh Jendral Sarbini, sampai sekarang beliau masih berambisi untuk membuat tokoh wayang dan tokoh figur yakni :
–  Tokoh wayang Antareja dan Srikandi
– Tokoh figur Jendral Sudirman dan Soekarno dalam ukuran kurang lebih 7 meter

Tim redaksi melakukan tanya jawab dengan Narasumber dalam perihal jiwanya sebagai seniman.
(selanjutnya R:Redaksi, dan N:Narasumber)

R : Mulanya kenapa anda memilih sebagai pematung?
N: Dulu, di sekolah seni rupa ada 2 bidang pelajaran utama, yakni 2 dimensi dan 3 dimensi. Pada saat itu saya lebih senang menekuni seni 3 dimensi yaitu pembuatan patung dan termotivasi dengan adanya peluang membuat patung

R: Siapa tokoh idola anda?
N: Tokoh idola dalam negeri yaitu Nyoman Warte, beliau adalah seorang tokoh maestro seni patung indonesia yang karyanya sudah tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan tokoh idola luar negeri yaitu Michael Angelo.

R: Suka dukanya sebagai seorang pematung?
N: Yaah.. dukanya sih salah satunya overtime, lalu ketika tidak dibayar, apalagi ketika patungnya dirobohkan . Sedangkan Sukanya, penghasilannya sangat menguntungkan dan memuaskan, lalu karya dapat diterima masyarakat publik dan bertambahnya kepercayaan dari publik terhadap beliau, lalu karya kita disimpan di tempat umum dan itu adalah sebuah kebanggaan.

R: Bagaimana proses pembuatannya secara global?
N: tahap pembuatannya antara lain, pertama membuat rangka model terlebih dahulu, kemudian merampungkan modelnya, setelah itu dibuatlah cetakan yang kemudian dicetak, diteruskan dengan finishing dan pemasaran

R:Kira-kira berapa lama proses pembuatannya
N: Kalau untuk lama prosenya sendiri, itu tergantung volume, kerumitan, dan ukuran dari patung g dibuat itu sendiri.

R: Baiklah, kami mulai mengerti, terima kasih atas infonya Pak..
N: OK sama-sama, senang bisa berbagi pengalaman
Wawancara selesai dengan bertambahnya pengalaman dan pengetahuan bagi seluruh tim redaksi dan semua orang yang membacanya kelak. Suatu kebanggaan bisa mendapat ilmu yang sangat berguna dari seorang pematung handal yang terpercaya. Kamipun kembali pulang setelah berpamitan dan mengucapkan terima kasih kepada narasumber.

Tim Redaksi : Syaiful H, Tsara NH, Riki Bagja S, Syifa A, Azmi K, Yulianda W.

About smsr bandung

kami komunitas Disain Komunikasi Visual yang beralamatkan di SMKN 14 Bandung

Posted on February 8, 2012, in Edisi 2, EDITORIAL. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: