Ryan in Theater

Dalam edisi kedua kali ini saya akan membahas tentang “KREATIVITAS  KAWANKU” . Saya akan mengupas tuntas aktivitas  seseorang yang telah lama aktif di seni sastra yaitu teater.Dia teman sekelasku, dia adalah salah satu anak teater di SMKN 14 Bandung.

       

Nama    : Ryandhi Rachman
Kelas     : XII DKV II
Sekolah: SMKN 14 Bandung

Anak terakhir dari lima bersaudara ini lahir di Bandung pada tanggal 16 Mei 1994 .Dia telah lama menggeluti dunia sastra yaitu teater. Dia bergabung dengan Teater Rupa saat kelas X SMK  sampai dengan saat ini.Dia bergabung dengan teater karena dia sangat  meyukai dunia sastra pertunjukan. “ Saya mengikuti teater karena itu memang hobi saya dan saya sangat menyukai sastra pertunjukan”tutur Ryan ,  menonton acara pagelaran seni dan menonton pertunjukan teater adalah hobinya.
Rio Dewanto adalah seorang aktor yang Ryan favoritkan, juga Rio Dewanto adalah salah satu sumber inspirasi Ryan.
Dalam menjalankan peran tidaklah mudah karena kita harus mengetahui seluk beluk baik itu sifat dan karakteristik tokoh tersebut, dan Ryan adalah salah satu anak teater yang dapat menguasainya. Ryan sangat menyukai tokoh Calon Arang “Saya sangat menyukai tokoh Calon Arang karena sangat menantang dan karakternya pun sangat berlawanan dengan sifat saya jadi itu sangat menantang sekali”tutur ryan saat di wawancara.
Aktivitas yang dijalankan Ryan saat teater yaitu
•    olah tubuh,
•    olah sukma,
•    olah vocal,dan
•    belajar mengenal karakter.
Olah tubuh merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melenturkan badan dalam gerakan – gerakan teater.
Olah sukma adalah kegiatan untuk melatih kepekaan kita dengan keadaan seperti latihan olah emosi, sedih ,marah, senang dan lain lain.
Belajar mengenal karakter adalah untuk melatih kita agar dapat menjadi seperti aktor atau tokoh yang akan kita perankan.

Salah satu tokoh yang sangat sulit diperankan oleh Ryan adalah tokoh Bawang Putih, karena dia harus mendalami karakter seorang perempuan yang anggun ,karena dalam teater yang dia mainkan mengandung humor maka iya harus memerankan tokoh tersebut.
Ryan telah banyak mengikuti  pertunjukan – pertunjukan:
•    STSI (Calon Arang) , Ryan adalah peran utamanya
•    Drama sunda di SD Kiaracondong
•    Kabaret dan longer
•    Longser di Santosa
•    Sanggar menara oza

Selain di Teater Rupa ,Ryan juga tergabung dalam Sanggar Teater Menara Oza ,Ryan bergabung dengan Menara Oza sejak dia kelas X SMK.Setiap minggunya Menara Oza melakukan kegiatannya dengan Roadshow dari tempat ke tempat.Ryan banyak mendapatkan pelajaran di Menara Oza ,pelajaran yang belum di dapatnya dari kegiatan Teater Rupa SMKN 14 dia dapatkan di Menara Oza.
Suka duka Ryan selama dia bergabung Di Teater ialah banyak mendapatkan pengalaman di bidang acting atau seni pertunjukan, dan menambah percaya diri. Dukanya yaitu saat ada garapan selalu pulang malam,dan terkadang membuat lelah dan juga membuat stamina menurun.

Selain kegiatan Teater Rupa,Ryan juga banyak mengikuti kegiatan diluar seperti modern dance, tradisional dance, nyanyi,dan dia juga bergabung dengan salah satu boy band “ teenagers”. Hal yang sangat ingin Ryan capai adalah membuat butik  karena desain pakaian adalah hobinya.

http://www.facebook.com/profile.php?id=100000534515979

Wartawan : Diena R dan Sintia W

About smsr bandung

kami komunitas Disain Komunikasi Visual yang beralamatkan di SMKN 14 Bandung

Posted on February 8, 2012, in Artikel, Edisi 2. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: